Terkait Bahaya Kebakaran Lahan Dan Hutan,  Bersama Forkopimda, Bupati Kumpulkan Camat Dan Kades

Terkait Bahaya Kebakaran Lahan Dan Hutan,  Bersama Forkopimda, Bupati Kumpulkan Camat Dan Kades
Terkait Bahaya Kebakaran Lahan Dan Hutan,  Bersama Forkopimda, Bupati Kumpulkan Camat Dan Kades

KUANSING - Dalam upaya dan pengendalian serta pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutann (Karlahut) di Kabupaten Kuantan Singingi, Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak., MM, memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) terkait bahaya kebakaran  lahan dan hutan, di Ruang Rapat Multimedia Kantor Bupati, Selasa 03/10/2023 

H. Suhardiman Amby didampingi Sekretaris Daerah Kuansing H. Dedi Sambudy., M.Kes, bersama Kapolres, AKBP Pangucap Priyo Soegito serta Forkopimda mengumpulkan langsung seluruh Camat, dan Kades Se Kabupaten Kuantan SIngingi. 

“Hal ini menjadi atensi dan siaga kabut asap di Daerah kita” sebab berdasarkan data, Kuansing saat ini berada di posisi kedua luas  wilayah yang terbakar setelah Inhu, cetus Bupati . 

Sesuai dengan hasil rapat, Bupati Kuansing minta Sekda dan Stakeholder diantaranya BPBD, Satpol PP bersama Camat agar turun langsung ke Desa .
Kumpulkan Kades dan perangkat Desa serta BPD untuk sosialisasikan bahaya kebakaran hutan dan lahan ini, tegas Datuk Panglimo Dalam. 

“Tindakan awal bersama jajaran Kepolisian dan TNI , dan Camat serta  Kades untuk turun langsung tiap Desa dan pantau kondisi udara, sosialisasikan kepada masyarakat terutama Masyarakat Peduli Api (MPA) , untuk bergerak bersama.


Bupati : Jika Membahayakan Liburkan Sekolah 

Jika kondisi udara Membahayakan , dan diperlukan langkah lebih lanjut maka Liburkan Sekolah” tegas Bupati H. Suhardiman yang akrab disapa dengan Datuk Panglimo Dalam Itu 

Kemudian H. Suhardiman juga menjelaskan “ agar mengetahui dengan cepat titik koordinat api di tiap Daerah di Kuansing, kemudian stakeholder yang sudah di instruksikan tadi seperti  dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DISKOMINFOSS) untuk  sediakan aplikasi bisa cepat di akses. 

Mendaggapi hal tersebut Kepala Dinas Kominfoss Hendra Roza., S.Si yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi Hevi Heri Antoni, S.Sos., M.Si yang didampingi oleh Kabid Informatika siap untuk menyediakan aplikasi sesuai arahan Bupati. 

“Kami dari Dinas Kominfoss akan siap menjalankan tugas terutama yang di instruksikan Bupati terkait pencegahan Karhutla, seperti pembuatan aplikasi dalam mengetahui pelaporan titik koordinat kebakaran hutan dan lahan di Kuansing ini” ujar Kabid Komunikasi Hevi Heri Antoni., M.Si. 

Sementara Kapolres Kuansing, AKBP Pangucap Priyo Soegito mengaku siap untuk membantu penanganan dan pencegahan  Karlahut yang terjadi. Kapolres juga menyarankan, agar semua stakholder bergabung bersama aplikasi Dasbor Lancang Kuning, agar penanganan karlahut bisa lebih cepat, tutupnya.

#Kuansing

Index

Berita Lainnya

Index